Basmalah



”Dengan menyebut nama Allâh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.
ASAL SEMUA MAKSIAT DAN ASAL SEMUA TA'AT.



اَصْـلُ كُلِّ مٕعْصِيَةٍ وَغَفْـلَةٍ وَشَهْوَةٍ اَلرِضَـاعَـنِ النَّفْسِ. وَاَصْلُ كُلِّ طَاعَةٍ وَيَقْظَــةٍ وَعِفَّـةٍ عَدَمُ الرِّ ضٕـامِنْكَ عَنْهَا .

”Asal dari semua maksiat, semua kelalaian, semua syahwat, karena (si hamba) cenderung mengikuti nafsunya, sedangkan asal dari semua ta'at, kesadaran, dan rasa harga diri, karena si hamba tidak rela (menghindari) diri dari perbuatan (godaan) hawa nafsu.”

Kesenangan dan suka kepada hawa nafsu, adalah pokok dari sifat madzmumah, dan tidak suka mengikuti hawa nafsu adalah sifat orang-orang yang terpuji (mahmudah). Sedangkan orang-orang yang arif berusaha dengan sungguh-sungguh meninggalkan perbuatan yang rusak dan berjuang untuk mendapatkan keridhaan Allah Swt. melalui keta'atan kepada semua hukum dan peraturan_Nya.

Jiwa yang diperbudak oleh hawa nafsu, adalah jiwa yang telah hilang keseimbangan, cenderung dibelenggu oleh kesenangan maksiat, dan tidak merasakan perbuatannya itu bertentangan dengan kehendak Allah.

Wajib bagi seorang hamba mengetahui bagaimana hawa nafsu itu bekerja mempengaruhi diri seseorang, dan kemampuan setan menggerogoti kebaikan manusia dan mengarahkannya kepada perbuatan hawa nafsu maksiat, dan begitu mudah meninggalkan amal saleh.

Orang yang berusaha meninggalkan kemaksiatan senantiasa terus menerus menjauhkan diri dari perbuatan yang akan mengarahkannya jatuh ke lembah maksiat. Kehendak menjauhkan diri seperti ini ada salah satu sifat terpuji, yang akan mengangkat dirinya ke tingkat kemuliaan. Dijelaskan dalam surat Yusuf ayat 53:

وَمَاۤ اُبَرِّئُ نَفْسِيْ ۚ اِنَّ النَّفْسَ لَاَمَّارَةٌۢ بِالسُّوْٓءِ اِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّيْ ۗ اِنَّ رَبِّيْ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

"Dan aku tidak (menyatakan) diriku bebas (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan, kecuali (nafsu) yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. Yusuf 12: Ayat 53)

Ayat ini cukup jelas bagi seorang hamba yang hendak mencari jalan makrifat agar menempuh jalan ta'at. Karena Allah Ta'ala telah memilih jalan keta'atan itu sebagai kemuliaan bagi anak Adam. Jalan kemuliaan yang harus dilalui oleh si hamba akan menempatkan dirinya ke tingkat yang sakinah, karena ia telah menemukan maqam mutmainah, setelah nafsu amarah yang sesat dilaluinya.

Si hamba telah menemukan rahmat Allah dalam relung lingkup para hamba yang mencari hidup tenang, sakinah dengan mengamalkan amalan yang berkaitan dengan maqam mutmainah. Kesucian diri dari rohani adalah bagian dari amalan para salihin dan arifin. Melalui riyadah terus menerus dan mujahadah dalam pendekatan diri kepada Allah, dengan cara melaksanakan amalan wajib dan sunah seorang hamba akan menemukan rida dan rahmat Allah Swt.

Seorang hamba yang menjalani tahap-tahap makrifat kepada Allah, wajib memelihara kebersihan dirinya, ketenangan hatinya, kemantapan jiwanya. Seperti dijelaskan oleh Imam Al Ghazali tentang pemeliharaan diri seorang hamba, dengan mensucikan jiwa atau ruh ibadah, memperbanyak amal saleh dengan ilmu dan amal ibadah. Praktik-praktik untuk lebih mendekatkan diri dalam makrifatullah, termasuk juga banyak mempelajari ilmu yang berkaitan dengan makrifat, seperti ilmu kalam dan Aqaid, kitab tasawwuf, agar menyegar hati sanubari yang mampu memberi cahaya ke dalam hati yang menimbulkan sikap ta'at, sekaligus menghindari maksiat.

🙏